26 September 2012

Informasi Memperlambat Datangnya Menopause


Menopause adalah fenomena alami tubuh wanita dan pasti terjadi, yang membedakan hanya cepat atau lambatnya proses tersebut terjadi. Tapi tak sedikit wanita yang galau dan depresi menghadapinya, karena ketika masa itu tiba artinya tubuh wanita sudah tidak lagi mampu memproduksi hormon reproduksi, yang dampaknya bisa bermacam-macam termasuk ke kehidupan seksual.

Baru saja saya mendapat informasi seputar menopause yang saya yakin juga akan bermanfaat bagi pengunjung yang berlangganan subscribe di blog saya ini. Menopause terjadi secara alami, namun faktor lingkungan juga ikut mempengaruhi, yang menyebabkan wanita bisa mengalami menopause dini.


Bila terjadi menopause dini akan banyak efek yang terjadi pada kesehatan wanita, seperti meningkatnya risiko osteoporosis dan penyakit jantung. Selain itu, menopause juga merupakan tanda berakhirnya kehidupan reproduksi dan mulai terganggunya kehidupan seksual.

Dengan resiko yang ditimbulkan akibat menopuase ini, wajar saja jika setiap wanita takut menghadapinya. Namun jika anda memiliki gaya hidup yang sehat, resiko ini bisa anda minimalisir. Berikut ada beberapa tips sehat yang mungkin perlu anda ketahui untuk memperlambat datangnya menopause:

Olahraga yang teratur
Menopause paling sering terjadi akibat ovulasi yang tidak benar. Masalah ovulasi pada gilirannya terjadi ketika Anda memiliki tubuh yang tidak fit. Tubuh terpapar banyak polusi dan junk food, yang mempercepat proses penuaan. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjauhi racun. Olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah, yang pada umumnya mengarah ke periode menstruasi yang teratur.

2. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok, maka kemungkinan besar akan mengalami menopause dini. Merokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Semakin sedikit darah yang beredar ke rahim dan ovarium, Anda tidak akan memiliki periode menstruasi yang teratur. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menunda menopause.

3. Konsumsi banyak antioksidan
Menopause itu sendiri adalah tanda bahwa tubuh Anda sudah mengalami penuaan. Untuk memperlambatnya, Anda perlu mempertahankan tubuh tetap muda. Makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah, minyak zaitun, brokoli, paprika dan lainnya. Cara ini akan mengusir racun dari tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

4. Konsumsi makanan kaya fitoestrogen
Tepat sebelum menopause, kadar hormon estrogen pada tubuh wanita mulai menurun. Jadi jika tubuh tidak lagi memproduksi estrogen yang cukup, Anda harus memperolehnya dari luar. Makan makanan yang kaya fitoestrogen seperti produk kedelai dan biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam dapat membantu menunda menopause.

1 comment: