24 September 2012

Positif Thinking Kunci Utama Hidup Bahagia


Banyak film ataupun buku bahkan motivator yang mengatakan bahwa Positif Thinking adalah kuni utama hidup bahagia. Setidaknya dari beberapa film, buku dan tokoh motivator yang pernah saya baca, lihat dan dengarkan. Film "Yes, Man!" yang dibintangi oleh Jim Carrey...The Secret yang merupakan ilustrasi dari buku "The Secret". Tokoh-tokoh seperti Mario Teguh, Ippo Sentosa dan lainnya selalu mengajarkan atau menyarankan kepada kita untuk selalu berfikir positif atau Positif Thinking dalam menghadapai kehidupan.

Hal ini juga dikuatkan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research yang menganalisa data pada pola makan, olahraga dan kepribadian pada lebih dari 7.000 orang. Hasilnya menyimpulkan bahwa orang yang optimis merencanakan masa depannya cenderung memiliki pola makan yang sehat, lebih banyak berolah raga, mengurangi rokok dan menghindari minuman keras.

Menurut Professor Deborah Cobb-Clark dari Melbourne Institute, riset yang dilakukannya menunjukkan hubungan antara tipe kepribadian yang dimiliki seseorang dengan gaya hidup sehat.

"Penelitian kami menunjukkan adanya pengaruh langsung antara kepribadian seseorang dengan bagaimana dia menjalani gaya hidup sehat," ujarnya, seperti dikutip dari Health Me Up.

Menurut Deborah, obesitas yang banyak terjadi seharusnya dapat mengubah kebiasaan pola makan masyarakat. Memiliki pemahaman psikologis mengenai pola makan dan kebiasaan berolah raga adalah hal utama yang diperlukan untuk mengerti tentang obesitas.

Penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa pria dan wanita memiliki pandangan berbeda tentang keuntungan dari gaya hidup sehat. Pria menginginkan hasil yang terlihat secara fisik dari pilihan hidup sehat mereka, sedangkan wanita lebih menikmati gaya hidup sehat setiap harinya.

Jadi manfaat dari Positif Thinking bukan hanya sekedar teori, sudah terbukti secara ilmiah melalui penelitian. Jika anda ingin memiliki pola hidup sehat, sering-seringlah tanamkan pemikiran "Ya! Saya bisa!" ketimbang "Ya sudah, terima nasib saja". Sikap optimis bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Sedangkan orang yang berpikiran pesimis dan lebih menggantungkan hidup pada keberuntungan dan nasib, cenderung menjalani kehidupan yang tidak sehat.




No comments:

Post a Comment