22 September 2012

Mengajarkan Anak Tentang Jantung Sehat

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling ditakuti oleh semua umur manusia. Penyakit jantung tidak mengenal usia dan kapanpun siap merenggut nyawa seseorang. Berdasarkan hal tersebut, penyakit jantung disebutkan sebagai penyebab nomor satu terhadap kasus kematian akibat penyakit tidak menular di dunia. Penyakit jantung timbuk akibat gaya hidup yang tidak sehat sejak kecil, sehingga untuk mencegahnya perlu ditekankan atau diajarkan kepada anak betapa pentingnya memiliki jantung yang sehat.

Beberapa hal yang perlu diajarkan kepada anak mengenai cara menjaga jantung agar tetap sehat, antara lain:

Mengenalkan bahaya penyakit jantung
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat yang rata-rata kasusnya terjadi setiap 25 detik. Kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat akibat konsumsi makanan cepat saji.

Oleh karena itu perlu dikenalkan dan diajarkan bagaimana cara hidup yang sehat kepada anak. Kurangi makanan cepat saji, hindari makanan yang mengandung pengawet dan lain sebagainya. Selain itu juga sebagai orangtua, kita harus menjaga dan mengontrol pola makan dari si anak.

Ajarkan kebiasaan makan yang sehat
Makan yang sehat tidak harus berarti mahal atau makan dengan rasa hambar yang biasanya tidak disukai anak-anak. Biasakan anak untuk banyak mengkonsumsi makanan yang megandung biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Kita harus kreatif jikalau si anak kurang suka dengan rasa atau bentuknya. Mungkin dengan mengkreasikan bentuk sesuai dengan kesukaan si anak. Kebiasaan baik yang telah diajarkan sejak kecil akan terbawa hingga dewasa dan bermanfaat bagi kesehatan jantungnya hingga tua.

Ajak anak berolahraga
Kegiatan berolahraga selain juga dapat mengajarkan kepada anak kebiasaan yang baik, juga keuntungan bagi kita karena badan ikut bergerak. Ajak anak untuk berolahraga ke taman atau lapangan karena biasanya anak menyukai tempat-tempat tersebut. Kunci terpenting adalah membuat anak banyak gerak.

Jika anak sudah mengetahui bagaimana cara menjaga jantungnya tetap sehat dengan cara-cara diatas, maka nantinya akan menjadi kebiasaan si anak untuk selalu menjaga gaya hidup yang sehat sehingga terhindar dari penyakit jantung.





No comments:

Post a Comment