29 September 2012

Pengguna Facebook Ilegal Di China


China adalah salah satu negara yang ketat memberlakukan pemakaian internet untuk warganya. Mereka adalah bangsa yang kreatif, lebih mendahulukan produknya dibanding produk lainnya. Ya wajar, itu sifat dari pemerintahan sosialis. Terkait dengan pembahasan yang akan saya sampaikan, tercatat ada 36,5 juta member facebook yang berasal dari China. Padahal seperti kita tahu, Facebook dan twitter adalah beberapa situs yang di blokir di China.

Dilansir oleh Bloomberg, 36.5 juta pengguna facebook di  china menggunakan media proxy untuk bisa mengakses facebook, ini adalah berdasarkan survey yang dilakukan oleh GlobalWebIndex. Bisa dibayangkan jika pemerintahan china memperbolehkan facebook masuk ke negaranya, bukan mustahil kalau china akan menjadi pengakses facebook terbesar di dunia. Utuk itu, sebagai gantinya pemerintahan china lebih mengutamakan Weibo sebagai situs jejaring sosial untuk warganya.

Seperti kita tahu, beberapa tahun lalu tidak hanya facebook dan twitter yang di blok oleh pemerintahan china, bahkan google juga di tolak masuk China. Sebagai gantinya mereka mempunyai mesin pencari sendiri pengganti google.

Itulah salah satu kehebatan pemerintahan China. Pemerintahnya konsisten dan kuat sehingga menjadikan warganya lebih kreatif. Ini patut di tiru oleh negara kita Indonesia :D

No comments:

Post a Comment