30 September 2012

Imunisasi Sebagai Investasi Kesehatan Bagi Anak


Imunisasi merupakan bentuk investasi kesehatan anak berupa pembentukan kekebalan tubuh terhadap suatu jenis penyakit. Ada beberapa macam vaksin yang wajib diberikan kepada anak untuk menjaga keseahatannya di masa depan, seperti Hepatitis, Polio, BCG dan sebagainya. Untuk saat ini pemberian imunisasi dapat dilakukan di tempat-tempat pelayanan masyarakat seperti RS, Posyandu, klinik rumah bersalin atau di bidan-bidan praktek dan dokter praktik.

Pentingnya imunisasi bagi anak, maka pemerintah memberikan subsidi untuk beberapa vaksin termasuk di dalamnya adalah vitamin. Namun walaupun demikian, tidak sedikit para orangtua yang kurang menyadari pentingnya imunisasi. Untuk beberapa kasus, para orangtua tidak tahu bahwa pemerintah memberikan subsidi untuk imunisasi dan berasumsi bahwa pemberian imunisasi hanyalah buang-buang uang. Padahal pengobatan jauh lebih mahal dibandingkan melakukan pencegahan.

Imunisasi diberikan secara terjadwal dan harus tepat waktu. Berikut jadwal pemberian imunisasi yang informasinya bisa dengan mudah didapatkan di bidan praktek ataupun puskesmas.


Sekali lagi, imunisasi adalah salah satu investasi kesehatan bagi anak di masa depan. Tidak hanya pemerintah atau petugas kesehatan saja yang wajib menanamkan pemikiran seperti ini kepada masyarakat. Tapi juga kita sebagai warga yang pernah tahu mengenai imunisasi ini, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya imunisasi. Pengobatan ketika terkena penyakit lebih mahal dibanding usaha kita untuk membawa anak ke dokter atau puskesmas terdekat.


No comments:

Post a Comment