02 October 2012

Trend Online Shoping di Indonesia


Tidak salah google memilih membuka kantor resminya di Indonesia, analisa mereka bahwa pertumbuhan internet marketing di Indonesia akan berkembang pesat, terbukti benar. Pengusaha internet di indonesia berkembang sangat pesat, situs toko online berjamuran, baik pribadi maupun korporasi. Tidak hanya itu, aktivitas transaksi online pun bertambah. Ya, tidak saja menggunakan situs untuk berjualan secara online, tapi internet marketer indonesia juga menjajakan jualannya melalui forum dan media sosial seperti facebook dan twitter.

Trend online shoping di indonesia tidak hanya bergerak dibidang penjualan produk saja, melainkan juga dibidang jasa. Pembuatan situs, jasa optimasi situs, jasa pembuatan aplikasi dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit pengusaha internet yang mempromosikan situs, produk atau jasanya melalui program iklan seperti adword yang mana nantinya akan ditampilkan di google adsense.

Sayangnya pertumbuhan seperti ini tidak disertai dengan perbaikan fasilitas internet. Pemerintah dan pihak yang terkait kurang bisa membaca peluang bagus ini. Harga koneksi internet di indonesia masih bisa dibilang mahal dan sulit. Hanya kota-kota besar saja yang bisa merasakan koneksi internet cepat dan lumayan murah.  Meskipun saat ini provider-provider komunikasi sudah mulai melirik peluang ini, namun harga yang mereka berikan cukup mahal dan kurang sebanding dengan fasilitas yang mereka berikan. Itupun terkadang ada masalah dalam hal jaringan, artinya koneksi yang di dapatkan tidak stabil.

Zalora, Toko Bagus, Berniaga adalah beberapa situs toko online besar di Indonesia. Mereka tidak hanya promosi melalui media online, bahkan mereka juga berani membayar mahal untuk beriklan di TV. Semoga saja dengan pertumbuhan pesat ini, pemerintah bisa memberikan fasilitas yang lebih baik karena devisa yang dihasilkan untuk pemerintah cukup tinggi. Seperti kita tahu, internet adalah media tanpa batas yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

No comments:

Post a Comment